Saturday 15 February 2014

Ops Mantap Brata Toba Tahun 2014 digelar jajaran Polda Sumut



Kepolisian Daerah Sumatera Utara menggelar latihan pra operasi Mantap Brata Toba 2014 dalam persiapan pengamanan Pemilu 2014. Pelatihan yang berlangsung selama empat hari yaitu dari tanggal 10 Pebruari sampai dengan tanggal 13 Pebruari 2014, dan diikuti oleh 12.000 personel yang terdiri dari seluruh personil jajaran Polda Sumut, dan mengambil tempat di Mako Sat Brimob Polda Sumut serta di Lapangan Benteng Medan serta di depan Gedung kantor DPRDSU Medan, sebagai tempat latihan dan tempat dilaksanakannya Simulasi.

Dalam amanat Kapolda Sumut yang dibacakan oleh Wakapolda Sumut, Beliau menyampaikan bahwa “Pelatihan pra operasi ini dilakukan untuk meningkatkan dan memantapkan kemampuan serta keterampilan teknik, taktis petugas pengamanan, pengawas pemilihan umum pada 9 April mendatang. Tugas penegakan hukum dan penanganan kasus yang terjadi pada pemilihan umum di Sumut,” ujar Wakapolda Sumut Brigjen Pol Basarudin saat membuka kegiatan latihan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Sampali Medan. Dan selama pelatihan personel akan diberikan berbagai materi berkaitan dengan Operasi Mantap Brata Toba melalui metode ceramah, diskusi atau tanya jawab, dan simulasi latihan.


Dengan begitu, personel diharapkan memahami, menguasai, mampu melaksanakan tugas, dan tanggung pelaksanaan operasi Mantap Brata Toba. Kepada seluruh personel terlibat dalam latihan ini, Kapolda Sumut meminta mengikuti dengan tekun dan penuh kesungguhan. Sementara kepada para instruktur diminta mempersiapkan materi secara baik dan sampaikan dengan jelas agar muda dipahami. “Berhasil dan tidak tujuan yang akan dicapai dengan latihan ini, sangat tergantung pada para instruktur dan seluruh peserta dalam menjalani pelatihan."

Kapolda Sumut yakin dan percaya dengan keseriusan, tekad, dan semangat kuat, pelatihan prao perasi Mantap Brata yang mengangkat tema “Dengan Kesiapan Operasional yang Tinggi, Polda Sumut Siap Mengamankan Penyelengaraan Pemilihan Umum” dapat berjalan lancar dengan hasil optimal. Menurut Basarudin, jajaran Polda Sumut terus mengupayakan langkah-langkah cipta kondisi agar situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) tetap kondusif. Setiap potensi kerawanan perlu diidentifikasi, diantisipasi, dan ditangani dengan cepat, tepat, dan profesional, sehingga agenda pesta demokrasi lima tahunan itu berjalan lancar dan aman.

Untuk pengamanan pemilu di Sumut, Polda mengerahkan 2/3 dari seluruh personel. Bagi Polda, semua daerah rawan kejahatan jelang pelaksanaan pemilu. Tidak hanya itu, Polda juga akan memaksimalkan kinerja inteligen di setiap daerah. “Pasti, semua harus kami maksimalkan, termasuk intelijen sehingga Sumut kondusif. Apalagi sekarang mereka (para calon legislator) sedang berkampanye tertutup. Tetapi kami siap melakukan pengamanan itu,”kata Karo Ops Polda Sumut Kombes Pol. Sadono Budi Nugroho.

Ditambahkan Wakapolda dalam amanatnya, “Bahwa Pelatihan pra operasi ini guna meningkatkan dan memantapkan kemampuan serta ketrampilan teknik, taktis petugas pengamanan, pengawas pemilihan umum, petugas penegakan hukum dan penanganan kasus-kasus yang terjadi pada pemilihan umum di Sumut." 

“Bahwa kegiatan ini berlangsung empat hari, sehingga seluruh jajaran bisa terus mengupayakan langkah-langkah cipta kondisi agar situasi Kamtibmas tetap kondusif, Jadi setiap potensi kerawanan perlu diidentifikasi, diantisipasi dan ditangani dengan cepat, tepat serta profesional," ujarnya.


"Kepada seluruh personel yang terlibat dalam latihan ini, harus mengikuti dengan tekun dan penuh kesungguhan. Sementara para instruktur diminta mempersiapkan materi secara baik dan menyampaikan dengan jelas dan muda dipahami." 


Kegiatan ini sebelumnya dilakukan pengecekan personel dan peralatan yang dilaksanakan di Mapolda Sumut yang dipimpin langsung oleh Kapolda Sumut serta dihadiri oleh Gubsu, Ketua DPRDSU dan para pejabat tinggi pemerintahan Propsu serta pejabat tinggi dari TNI dan Instansi terkait lainnya.

Hari pertama kegiatan latihan dilaksanakan di Mako Sat Brimob Polda Sumut Jl. KH. Wahid Hasyim Medan pada saat Apel gabungan peserta pelatihan dan setelah acara pembukaan oleh Wakapolda Sumut di SPN Sampali Medan dalam rangka Pra Ops Mantap Brata Toba 2014.


Hari keduanya kegiatan latihan dilaksanakan di Mako Sat Brimob dan di Depan Gedung DPRDSU serta Lapangan Benteng Medan.

Dan pada hari ketiga, yang merupakan hari “H” peragaan dan Simulasi Kontijensi Ops Mantap Brata Toba 2014 dilaksanakan seluruh kegiatannya di depan Gedung DPRDSU serta dihadiri oleh Wagubsu, Kapolda Sumut serta para pejabat tinggi pempropsu dan pejabat teras Kodam 1/BB.

Di akhir kegiatan Simulasi ini, Kapolda Sumut Irjen.Pol Syarief Gunawan menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh personil yang terlibat dalam peragaan serta panitia dan Instruktur yang telah berhasil menyajikan kegiatan Simulasi secara baik, aman dan lancar.

(Tekkom)




Galeri:













No comments:

Post a Comment

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk mencapai citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Persaudaraan!

Upacara "BUKADIK AK-49" Siswa Diktukba Polri Gel-II T.A. 2023

Hinai, Selasa (25/7/23).  Diktukba Polri merupakan tahap pendidikan dan latihan bagi calon Bintara Kepolisian yang telah melalui serangkaian...