Sunday 17 January 2016

BINTRA TAJA ANGKATAN 42 SAT BRIMOB POLDA SUMUT 2016

Sat Brimob Polda Sumut dalam upaya memenuhi jumlah kekurangan personel pada tingkat Tamtama sebagai wujud regenerasi di kesatuan Brimob Polri, maka dalam bulan Januari 2016 ini, Sat Brimob Polda Sumut mendapat tambahan sebanyak 63 Personel Tamtama Angkatan ke-42 yang berasal dari Pusdik Brimob Watukosek. 

Penerimaan tambahan personel tersebut diatas merupakan target dari Kasat Brimob Polda Sumut  Kombes Pol. Nirboyo, Sik, Beliau menyampaikan rencana kegiatan Pelatihan dan Pembinaan Tradisi yang akan dilaksanakan tersebut saat mengadakan rapat Anev bersama Wakasat Brimob, para Kasi serta Kaden dan Kasubden.

Disamping untuk memenuhi DSP organisasi juga sebagai upaya menambah perkuatan Satuan dalam menghadapi kondisi dan situasi yang berkembang belakangan ini yang menjadi gangguan keamanan, Kekuatan Pasukan ini merupakan tolak ukur keberhasilan Polri dalam menjaga stabilitas kemanan dalam negeri termasuk menjamin terwujudnya Kamtibmas.


Dengan mempertimbangkan hal tersebut, maka Satuan Brimob Polda Sumut melaksanakan kegiatan latihan Pembinaan Tradisi Korps Brimob jajaran Sat Brimob Polda Sumut yang diisi dengan kegiatan peningkatan kemampuan dan keterampilan bagi Personel baru tersebut.

Kegiatan ini melibatkan Instruktur dan pembina sebanyak 20 personel yang diketuai oleh Kasubsi Binlat AKP M. Manullang, S.H, dengan materi yang diajarkan terdiri dari Perundang-undangan, Sejarah Brimob Sumut, Analisa Daerah Operasi, Navigasi Darat, Ketangkasan Lapangan Brigade Mobil dan Manouver ke wilayah Martabe Pancur Batu, Kab. Deli Serdang yang merupakan Pusat latihan Sat Brimob Polda Sumut dan lapangan Tembak.


Pelaksanaan latihan dilaksanakan selama 3 Hari yang dimulai dari tanggal 13  Januari 2016 sampai dengan tanggal 16 Januari 2016, dengan diawali Upacara Pembukaan yang dibuka oleh Wakasat Brimob Polda Sumut AKBP. Dheny Dariady, S.Ik, bertempat di Lapangan Makosat Brimob Polda Sumut Jl. KH. Wahid Hasyim Medan, serta dihadiri oleh seluruh Pejabat Teras Sat Brimob Polda Sumut. 

Dalam amanat Kasat Brimob Polda Sumut yang dibacakan oleh Wakasat Brimob, Beliau menyampaikan bahwa "Pelatihan Bintra Korps Brimob bagi personel Tamtama ini merupakan serangkaian proses sistem pembinaan Sat Brimob Polda Sumut, sehingga akan diperoleh Personel yang memiliki kemampuan tehnik dan taktik dalam rangka mengemban tugas serta tanggung jawab sebagai alat negara dalam penegakan hukum, pengayom, pelindung dan pelayan masyarakat, pelatihan ini dipandang pula sebagai bagian dari penggelaran kemampuan Brigade Brimob Polri sebagai tolak ukur kemampuan yang telah diperoleh dari lembaga Pendidikan dan perlu dikembangkan kembali sehingga siap dioperasionalkan mengingat tantangan tugas Polri kedepan akan semakin kompleks, karena dihadapkan pada berbagai macam gangguan keamanan yang terjadi”.

"Harapan yang akan dicapai dari hasil pelaksanaan latihan tersebut adalah pengenalan terhadap lingkungan tugas yang baru, penambahan kemampuan dan keterampilan masing-masing personel khususnya fungsi Brimob Polri, peningkatan disiplin, soliditas personel kepada satuan, loyalitas serta patuh kepada pimpinan, senior maupun sesama rekan di lingkungan Sat Brimob Polda Sumut,  sehingga mampu menjalankan tugas sebagai anggota Brimob Polri yang tangguh, profesional, proporsional dan tanggung jawab serta patuh hukum, humanis dan menjunjung tinggi HAM".

Kegiatan di lingkungan Makosat Brimob Polda Sumut dilaksanakan selama 2 hari meliputi Pemeriksaan Kesehatan yang dipimpin oleh Kasi Kesjas Sat Brimob AKP Buala Zega, S.H, M.Hum, pengetahuan Perundang-undangan oleh Wakaden Gegana Kompol Rokhmat, S.H, M.Hum, Sejarah Brimob Sumut dan Analisa Daerah Operasi oleh Wakasat Brimob Polda Sumut AKBP Dheny Dariady, S.Ik, Pengetahuan Jibom oleh Kompol Sutoyo, kemudian di hari ketiga dilanjutkan dengan Long March menuju Lapangan Tembak Martabe yang berkedudukan di Pancur Batu Kab. Deli Serdang dengan melintasi medan pegunungan, perkampungan dan jalan raya melalui rute yang telah ditentukan.

Pada siang hari, setelah peserta latihan tiba di area latihan, seluruh peserta Latihan melaksanakan kegiatan latihan GAG yang merupakan lokasi akhir dari kegiatan Manouver yang dilaksanakan oleh peserta Bintra Sat Brimob Polda Sumut tahun 2016, dan pada sore harinya pada pukul 16.00 Wib. Dilaksanakan Upacara penutupan Latihan yang dipimpin oleh Wakasat Brimob Polda Sumut yang ditandai dengan penyiraman bunga secara simbolis.


(Tekkom)

No comments:

Post a Comment

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk mencapai citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Persaudaraan!

Upacara "BUKADIK AK-49" Siswa Diktukba Polri Gel-II T.A. 2023

Hinai, Selasa (25/7/23).  Diktukba Polri merupakan tahap pendidikan dan latihan bagi calon Bintara Kepolisian yang telah melalui serangkaian...