Thursday 13 December 2012

Hari ANTI KORUPSI Internasional 2012

Dalam rangka memperingati Hari Anti korupsi Internasional yang jatuh pada tanggal 9 Desember 2012, Satuan Brimob Polda Sumut turut serta mendukung kegiatan tersebut sesuai dengan Maklumat Kapolri Nomor: Mak/1/XII/2011 tentang Pencegahan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, yang disampaikan oleh Kapolda Sumut kepada seluruh Satker dan Satwil sejajaran Polda Sumut pada tanggal 12 Desember 2012.

Bahwa sesuai dengan Surat Kapolri Nomor: B/3448/XII/2012/Humas tertanggal 5 Desember 2012 perihal Memperingati Hari Anti Korupsi Internasional 2012, agar pada masing - masing Satker dan Satwil menggelorakan, mendeklarasikan dan berkomitmen dalam memberantas KORUPSI, dan diharapkan agar seluruh Satker dan Satwil menggelar kegiatan yang bertemakan pemberantasan Korupsi dengan menggelar Banner dan pesan - pesan moral tentang Anti KKN dan Anti Kekerasan.

Selain itu penerapan PIN “PELAYANAN PRIMA ANTI KKN DAN KEKERASAN” merupakan upaya Polri membangun kepercayaan masyarakat dalam melaksanakan tugas sebagai Pelindung,  Pengayom dan Pelayan masyarakat yang melayani dengan prima.

Sesuai dengan Keputusan Kapolri Nomor: Kep/62/II/2012 tanggal 9 Februari 2012, tentang penggunaan dan pemakaian penggunaannya, digunakan sebagai atribut PIN Pelayan Prima yang di pasang pada pakaian sebelah kanan (diatas papan nama).

 
Adapun bentuk, ukuran  dan makna PIN adalah :

Ukuran:
Diameter      = 4,5 cm
Lingkar Luar  = 0,75 cm
Lingkar Dalam = 3 cm

Warna dan makna:
1. Lingkar Luar
a. Lingkar Luar pada bagian atas bertuliskan PELAYAN PRIMA dengan latar berwarna Kuning yang bermakna ” kebesaran dan keagungan hati nurani segenap personil Polri “.
b. Lambang Tri Brata ukuran kecil pada sisi kiri dan kanan.
c. Pada Bagian bawah bertuliskan ANTI KKN DAN KEKERASAN yang bermakna ” Keutuhan dan kebulatan tekad anggota Polri untuk penjadi Pelayan Prima, yang anti KKN dan Kekerasan “.

2. Lingkar Dalam
a. Lingkar dalam berlambang Tri Brata ditengah lingkaran.
b. Pada lingkar dalam berwarna hitam yang melambangkan; Keabadian dan sikap tenang;  yang bermakna, Harapan agar Polri selalu tidak goyah dalam situasi dan kondisi apapun, tenang, memiliki stabilitas nasional yang tinggi dan prima agar dapat selalu berpikir jernih, bersih dan tepat dalam mengambil keputusan.

Penggunaan PIN ini diharapkan dapat memberikan inspirasi dan motivasi bagi masyarakat bersama-sama dengan anggota Polri untuk tidak melakukan praktek KKN dan kekerasan (aksi brutal/anarkis), sehingga dengan demikian akan mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang bersih dan tata kelola pemerintahan yang baik (clean government and good governance) dan kepatuhan masyarakat terhadap hukum dan guna tertib administrasi
.

Sementara Kasat Brimob Polda Sumut Kombes Pol. Drs. Setyo Boedi MH, M.Hum menyampaikan bahwa ‘’Secara rutin dan khusus, pengawasan dan pemeriksaan sering dilaksanakan oleh Irwasda Polda Sumut. Hal ini untuk mengecek pelaksanaan kegiatan operasional maupun pembinaan’’. Bahwa belakangan ini dimasing - masing Polda juga terus berupaya meningkatkan transparansi. Semua ini diharapkan dapat mengurangi KKN dan anggapan miring tentang Kinerja Kepolisian.’’

"Berani jujur?.... Hebat!"

(sumber: Tekkom - Rahmadanil, S.Kom)

No comments:

Post a Comment

Sesuai Peraturan Kapolri Nomor 7 Tahun 2008 tentang PEDOMAN DASAR STRATEGI DAN IMPLEMENTASI PEMOLISIAN MASYARAKAT DALAM PENYELENGGARAAN TUGAS POLRI.

Undang - undang No. 14 Tahun 2008 tentang KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK.

Menjalin Kemitraan (partnership and networking) adalah segala upaya membangun sinergi dengan potensi masyarakat yang meliputi komunikasi berbasis kepedulian, konsultasi, pemberian informasi dan berbagai kegiatan lainnya demi tercapainya tujuan masyarakat yang aman, tertib dan tenteram.

Silahkan sampaikan informasi, masukan, usul dan saran untuk mencapai citra Polri yang dicintai masyarakat.

Salam Persaudaraan!

Upacara "BUKADIK AK-49" Siswa Diktukba Polri Gel-II T.A. 2023

Hinai, Selasa (25/7/23).  Diktukba Polri merupakan tahap pendidikan dan latihan bagi calon Bintara Kepolisian yang telah melalui serangkaian...